Berita Pesantren

Program Tahfidz Al Qur’an dan Kitab Kuning sebagai Program Unggulan MTs Plus Sirajul Huda Paok Dandak

Adapun untuk kitab, masing-masing kelas diberikan kitab hafalan yang berbeda-beda, kelas 1 menghafalkan Aqidatul Awam (Kitab Akidah Dasar), kelas 2 Akhlaqul Banin (Kitab Akhlak) dan Kelas tiga diwajibkan menghafal Matan Taqrib (Fiqh) dan Matan Zubad (Fiqh).

Tahfidz (Hafalan) Kitab Kuning dan Hafalan Al Qur’an menjadi salah satu program prioritas di MTs Plus Sirajul Huda Paok Dandak Desa Durian Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah. Program ini sudah dilaksanakan sejak semester pertama tahun pelajaran 2022/2023 lalu.

“Ini adalah upaya kami dalam membiasakan peserta didik untuk bisa akrab dengan kitab kuning dasar serta Al qur’an yang merupakan sumber utama Pendidikan kita di Pesantren” Jelas Ustadz Zaenal Abidin, S. Pd, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum MTs Sirajul Huda Paok Dandak, Pada Senin, 17 April 2023.

Dijelaskan Zaenal, hafalan kitab kuning dan Al Qur’an ini berlangsung sejak siswa-siswa berada di kelas 1 semester pertama hingga kelas tiga menjelang lulus.

“Kami programkan ini selama mereka belajar di MTs Plus Sirajul Huda. Untuk Al Qur’an, mereka wajib menghafal sejak kelas satu dengan melakukan setoran surah-surah pendek hingga khatam Juz Ke yang 30. Kemudian di kelas 2 lanjut ke Surah Al Baqarah dan Ali Imron dan seterusnya” Jelasnya.

Adapun untuk kitab, masing-masing kelas diberikan kitab hafalan yang berbeda-beda, kelas 1 menghafalkan Aqidatul Awam (Kitab Akidah Dasar), kelas 2 Akhlaqul Banin (Kitab Akhlak) dan Kelas tiga diwajibkan menghafal Matan Taqrib (Fiqh) dan Matan Zubad (Fiqh).

Pengelola program ini, Ustadz Mujtahidin, S. Pd.I menjelaskan, adapun sistem penjadwalan hafalan harian para Siswa, madrasah menugaskan masing-masing guru yang bertanggungjawab untuk membimbing para siswa mulai kelas 1 sampai kelas 3.

“Setelah berjama’ah sholat Dhuha dan Muhadaroh, para siswa masuk kelas dan belajar kitab sekaligus setoran hafalan harian, sehingga mereka mulai belajar pelajaran umumnya jam 9 pagi” Jelasnya.
Program ini mendapatkan sambutan baik dari para wali murid dan orang tua. Salah seorang wali murid Mahli mengatakan, hal ini disambut baik semua orang tua dan berharap program ini berjalan konsisten.

“Terus terang kami sangat bangga dengan anak kami karena sejak dini sudah bisa menghafal Al Qur’an dan Kitab sekaligus. Ini tentu menjadi bekal mereka setelah lulus.” Ungkapnya.

Ia berharap agar intensitas hafalan para siswa di tingkatkan, sehingga pada saat mereka lulus paling tidak bisa menghafalkan 5 Juz Al Qur’an serta sejumlah kitab kuning secara lengkap.

Saat ini MTs Plus Sirajul Huda Paok Dandak telah membuka pendaftaran Siswa Siswi baru Tahun Pelajaran 2023/2024. Bagi orang tua yang ingin memasukkan anaknya bisa menghubungi Panitia Penerimaan Santri / Siswa Baru di Nomor WA. 087771274249 []

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button