Agribisnis SantriUtama

Mahasiswa Australia Berkunjung Ke Sirajul Huda

Ingin mengetahui model pendidikan di pesantren, 15 Orang Mahasiswa Australia yang sedang belajar Bahasa Indonesia di Mataram Lingua Franca (MALFI) Mataram mengunjungi Pondok Pesantren Sirajul Huda yang berlokasi Paok Dandak Desa Durian Kecamatan Janapria Kabupaten Lombok Tengah.

Direktur Malfi Dr. Muhammadun mengatakan, kunjungan mahasiswa ini dilakukan dalam rangka memperkenalkan budaya Indonesia serta model pendidikan pesantren di Lombok.

“Kita kan punya banyak pesantren, mereka ingin mengenal lebih dekat bagaimana sebenarnya pesantren mendidik santri-santrinya” Ungkap Dr. Muhammadun.

mahasiswa-australia-berkunjung-agribisnis-sirajul-huda

Di Pondok Pesantren Sirajul Huda, para mahasiswa asing ini diajak berinteraksi dengan santri dan ustad, melihat proses pembelajaran agama serta mengikuti aktifitas ekstrakurikuler santri seperti Belajar Bahasa Arab dan Inggris serta kegiatan Agribisnis di lahan pertanian milik yayasan.

Pengurus Yayasan Pondok pesantren Sirajul Huda, Suhaili, M. Si menjelaskan, Pondok Pesantren Sirajul Huda tidak hanya mengajarkan para santri ilmu agama seperti Al Qur’an dan Kitab kuning tapi juga mengajarkan siswa kemampuan berkomunikasi Asing seperti Bahasa arab dan Bahasa Inggris.

mahasiswa-australia-berkunjung-ke-sirajulhuda
Tampak para mahasiswa antusias mengikuti penjelasan para santri terkait kegiatannya Agribisnis di Pondok.

“Kunjungan-kunjungan langsung mahasiswa luar negeri seperti ini sangat bermanfaat karena menambah kemampuan santri berinteraksi langsung dengan native speaker” Ungkapnya.

Selain itu, para santri juga bisa mengenalkan pendidikan yang mereka alami di pesantren. Mengenalkan islam yang ramah, islam yang toleran dan tidak ekslusif seperti yang banyak dibayangkan orang-orang barat tentang Islam.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button